FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LUWUK KABUPATEN BANGGAI TAHUN 2008

Nur Hendra Dwi Gunawan dan Ni Ketut Narsih

Abstrak

Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan yang memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat umum, harus mampu menyediakan pelayanan kesehatan yang berorientasi pada mutu. Pelayanan keperawatan adalah salah satu bagian penting dalam menentukan mutu pelayanan. Dimana 80% kualitas pelayanan rumah sakit ditentukan oleh kualitas keperawatan Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran mengenai kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Luwuk tahun 2008.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Populasi adalah semua pasien rawat inap sesuai dengan  medical record RS, sampel adalah pasien yang telah mendapat perawatan rawat inap selama minimal 3 x 24 jam atau lebih dan sementara dirawat saat penelitian dilaksanakan. Data diolah menggunakan tabel distribusi frekuensi setiap variabel yang diteliti disajikan dalam bentuk tabel dan diagram scatter (diagram tebar) serta narasi. Lokasi penelitian di RSUD Luwuk Kab. Banggai.

Hasil penelitian  menunjukkan bahwa 64 responden yang diteliti didapatkan bahwa Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan rawat inap di rumah sakit tahun 2008 berdasarkan perhitungan dikategorikan belum  sesuai harapan yaitu sebesar 74,8%. Tingkat kepuasan pasien menurut variabel keandalan belum sesuai dengan harapan pasien dengan persentase 83 %. Tingkat kepuasan pasien menurut variabel ketanggapan belum sesuai dengan harapan pasien dengan persentase 75,9 %. Tingkat kepuasan pasien menurut variabel komunikasi belum sesuai dengan harapan pasien dengan persentase 70,5%.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan perlunya peningkatan keandalan, ketanggapan, komunikasi dan kepedulian perawat dalam layanan keperawatan. Peningkatan kerja sama perawat dengan kepala ruangan dalam memberi pelayanan keperawatan, pembinaan berkala oleh pihak rumah sakit bagi perawat untuk peningkatan mutu layanan kesehatan. Melakukan evaluasi kinerja perawat, sehingga dalam pembinaan dapat lebih spesifik sesuai dengan hasil penilaian kinerja perawat.

 Kata Kunci : Kualitas Pelayanan keperawatan. Tingkat kepuasan pasien.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: