HARI INI TANGGAL 25, BULAN 5, USIAKU 25 TAHUN

Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh….

Hari ini tepatnya tanggal 25 mei 2012 Allah SWT memberikan kesempatan bertambah satu tahun lagi usia saya menjadi 25 tahun setelah 24 tahun saya melewati kehidupan di dunia ini. Sepanjang 24 tahun saya menjalani fase kehidupan sebagai hambah dan sebagai khalifah, sesungguhnya saya menyadari waktu 24 tahun bukanlah waktu yang singkat dalam menjalani setiap jengkal kehidupan. Sungguh banyak kejadian, tidak sedikit peristiwa yang tercatat dalam memori saya yang akan menjadi catatan sejarah perjalanan hidup saya. Oleh karena itu di usia saya yang ke-25 ini saya sedikit menceritakan proses perjalanan hidup saya yang masih sempat teringat di ingatan saya, mudah – mudahan hanya sedikit kekeliruan atau keterlupaan sejarah kehidupan pribadi saya. Tujuan saya menulis cerita kehidupan saya (history of my life) agar saya tidak menjadi seorang insan, seorang hambah, seorang khalifah yang lupa terhadap sejarah diri sendiri atau saya tidak ingin menjadi orang yang lupa akan diri sendiri.

Disebuah desa yang jauh dari keramaian kota, kebisingan, Desa yang sejuk, tentram, hidup keluarga sederhana, itulah keluarga saya, Ayah saya bernama AMAD ACHMAD BIDULLAH dan Ibu saya namanya RAHMAH LUMUAN, saya mempunyai lima orang saudara namun tiga orang diantaranya Allah SWT telah memanggil kakak-kakakku tersayang di usia mereka masih bayi. Jadi sekarang saya punya dua orang kakak laki-laki dan satu adik angkat perempuan. Kakakku dan adikku sekarang sudah berkeluarga. Dengan kekuasaan Allah SWT, Sekitar bulan Agustus 1986 dalam rahim ibuku hiduplah janin yang tumbuh + 9 bulan 10 hari, sebelum manusia dilahirkan ke dunia berjanjilah seorang manusia dalam singgasana rahim ibu kepada ALLAH SWT “Alastubirabbikum-Qaalubalasahidina” yang mengakui bahwa ALLAH SWT sebagai TUHAN.  Saya seorang manusia yang melewati fase ini sehingga saya dapat hidup, menikmati Rahmat ALLAH SWt di muka bumi ini.

Sepenggal cerita diatas telah saya tulis dalam tulisan saya di MILADKU yang Ke-24 Tahun Lalu, cerita itu sebagian kisah hidupku. Sekarang saya ingin mencoba mengiat-ingat kembali peristiwa demi peristiwa yang pernah saya alami dalam melewati usiaku yang ke-24 dan saya ingin menuangkannya dalam tulisan ini sebagai bahan renungan, sebagai bahan instrokpeksi, sebagai alat untuk mengevaluasi setiap pertambahan usiaku dalam setahun, apa yang telah aku perbuat?, apa yang telah saya berikan?, Apa yang telah saya alami selama setahun ini, serta Apa yang telah saya capai?.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin telah banyak yang hilang di memori saya, namun ada beberapa pengalaman hidup yang membawa sebuah pelajaran penting dalam hidup saya. Pertama, ketika saya menjalani usiaku yang ke-24 (tahun lalu), saya banyak diperhadapkan beberapa ujian dari Allah SWT yang yah…. lumayanlah beratnya, namun saya yakin saya mampu melewatinya dengan Berdoa dan Berikhtiar. Bersamaan dengan beberapa ujian yang waktu itu saya alami, ada kebahagiaan yang luar biasa yaitu saya diberikan kesempatan untuk melanjutkan Studi di Pascasarjana Universitas Hasanuddin sekitar bulan September 2011, sungguh luar biasa saya yakin dalam setiap cobaan dan ujian hidup disebelahnya terdapat kebahagiaan yang menanti. Singkat cerita bulan September awal perkuliahan di Pascasarjana UNHAS saya mengambil Program Studi Kesehatan Masyarakat. Nikmat Allah dan Cobaan tidak akan pernah habis selama kita masih menghirup dan menghembuskan nafas ini. Saya sedikit menceritakan perjalanan hidup saya terkait dengan Urusan perasaan. Mungkin terdengar agak lebay yah? Istilah sekarang,,, namun pengalaman seperti ini sangat mempengaruhi psikologis seseorang yang mempunyai esensi kemanusiaan dan hal ini sangat mempengaruhi arah dan tujuan hidup kita kedepan, sehingga mungkin tidak salah saya menuangkan hal tersebut dalam beberapa lembar kertas kosong sebagai sebuah catatan memori.

Dalam perjalanan kuliah, saya dekat dengan seseorang yang sebelumnya saya sudah kenal ketika masih kuliah di S1 dan dia Kuliahnya di D3 Keperawatan, waktu itu saya kenal muka tapi tidak tahu namanya. Saya baru tahu namanya ketika bertemu di salah satu jaringan sosial, dan disitulah kami sering berbagi informasi, bertukar pendapat dan sebagainya. Sekitar bulan september 2011 ketika saya sudah mau ke tempat perkuliahan di Makassar, saya berfikir saya dan dia kayaknya nyambung dalam cerita meskipun hanya lewat dunia maya, saya mencoba mempererat hubungan kami setingkat dari teman, singkat cerita akhirnya kami menjalani hubungan dengan dibatasi jarak dan waktu. Memang berat dan sungguh luar biasa menjalani kisah seperti ini, semenjak kami katakanlah “jadian” di bulan september 2011, ketemunya nanti bulan deseember 2011 ketika saya telah selesai perkuliahan semester I.

Menjalani kisah ini tidak sedikit masalah yang kami lewati yang sangat-sangat menguras energi untuk berusaha memperbaiki, menjalin serta memperkuat hubungan ini, Hanya satu kata yang bisa terucap “LUAR BIASA HIDUP INI”. Dengan berbekal KESABARAN, KESUNGGUHAN, KEYAKINAN, Alhamdulillah hubungan ini masih terjaga meskipun masih ada sedikit kerikil-kerikil tajam yang berserakan, dan hubungan ini semakin hari semakin membaik dan semakin menemukan kejelasan arah kedepan seperti apa yang harus ditempuh. Dengan keyakinan yang kuat bahwa segala kesulitan, kesusahan, tekanan dan lain sebagainya, merupakan bagian dari KEHIDUPAN itu sendiri dan kita tidak boleh menyerah menghadapinya, maka saya tetap SABAR menghadapinya suatu saat “BAHAGIA PASTI KAN KU JELANG” selalu Berdoa dan berusaha untuk menggapai apa yang kita inginkan.

Hari MILADku yang ke-25 pada tahun ini, lewat tulisan singkat ini dengan segenap kerendahan hati saya Memohon Kepada ALLAH SWT agar saya diampuni segala dosa dan khilafku di usiaku ke-24 kemarin. Sekarang di Usiaku yang ke-25 ini saya berharap ALLAH SWT memudahkan segala urusanku, memberikan KESEHATAN, KESELAMATAN dan UMUR PANJANG serta KESUKSESAN dalam melakoni tugas sebagai HAMBA dan sebagai KHALIFAH di Alam semesta ini.

Hari ini 25 Mei 2012 usiaku menjadi 25 tahun, Mama… Papa…. Meskipun mama , papa jauh dimataku, lewat tulisan ini aku persembahkan SEMBAH DAN SUJUDKU kepada ALLAH SWT dan MAMA & PAPA. Aku seperti sekarang ini adalah hasil dari Doa, Usaha, Pengorbanan MAMA & PAPA, Aku yakin di setiap Sujud Mama & Papa akan selalu terselip doa untuk anakmu ini.  Dengan usiaku yang ke-25 ini aku memohon ampunanMu Ya Allah atas segala dosa yang pernah aku perbuat, yang mungkin aku tidak sadari telah menyakiti Hati Mama & Papa…. Ya ALLAH SWT…. Berikanlah Kesehatan, Keselamatan dan UMUR PANJANG kepada Mama dan Papaku… jagalah mereka, sayangi mereka seperti mereka menjagaku sewaktu kecil… Amin Ya Rabbilalamin….

Untuk semua keluargaku, seseorang yang sangat saya CINTAI dan SAYANGI (ELHAN) yang telah memberikan motivasi dan semangat yang LUAR BIASA kepada saya dalam menjalani hidup ini, semoga aku dapat dicintai SEPENUH HATI, orang-orang disekitarku, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan, motivasi, dan memohon maaf bila ada kesalahan… saya akan selalu membuka diri menerima saran yang konstruktif demi perbaikan menjalani kehidupan di usiaku yang ke-25 tahun ini…

Wassalam….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: