KUALITAS KEHIDUPAN MANUSIA DITENTUKAN OLEH KESEHATANNYA KETIKA BERADA DALAM KANDUNGAN

Sumbangan Pemikiran

Di Hari Kesehatan Nasional Ke – 48

Ramli A. Bidullah

(Dosen Promosi Kesehatan FKM Untika Luwuk & Mahasiswa Pascasarjana Universitas Hasanuddin)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…..

Indonesia Cinta Sehat “Ibu Selamat Anak Sehat”

Kesehatan Bukanlah Segalanya, Tapi Tanpa Kesehatan Segalanya Tidak Akan Berarti” Itulah Pepatah dalam dunia kesehatan yang sering kita dengar, kita lihat bahkan telah kita terapkan dalam keseharian kita. Namun sering kita melupakan pentingnya kesehatan sehingga kita kehilangan segalanya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa telah banyak upaya dan kerja keras yang dilakukan semua pihak untuk mengatasi masalah kesehatan di Indonesia pada umumnya dan di Kabupaten Banggai  dan Banggai Kepulauan pada khususnya, baik upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif, namun tidak dapat dinafikan bahwa hasil dari upaya yang dilakukan masih jauh dari harapan kita semua.

Salah satu masalah kesehatan yang menjadi indikator keberhasilan suatu Negara yaitu Kesehatan Ibu dan Anak seperti tercantum dalam Goal 4 dan Goal 5 Millenium Development Goals (MDGs). Sesuai dengan Tema Hari kesehatan Nasional (HKN) Ke – 48 yaitu Indonesia Cinta Sehat “Ibu Selamat Anak Sehat”, hal ini menunjukan keseriusan pemerintah dan semua pihak yang terkait untuk mengatasi masalah kesehatan khususnya Masalah Kesehatan Ibu dan Kesehatan Anak. Keseriusan pemerintah dalam hal ini yang paling menonjol adalah diluncurkannya Program Jaminan Persalinan (JAMPERSAL) dengan harapan dapat menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

Mungkin banyak orang bertanya mengapa begitu banyak kelompok masyarakat yang terkait dengan namanya kesehatan tetapi kelompok Ibu khususnya Ibu Hamil dan Anak kelompok ini sangat diprioritaskan dalam penanggulangan masalah kesehatan, sampai-sampai menjadi indikator keberhasilan pembangunan suatu Negara.

Saya sedikit memberikan pandangan mengapa Kesehatan ibu dan Anak cenderung merupakan hal yang prioritas dalam penanggulangan masalah kesehatan. Kesehatan Ibu dan Anak selain merupakan indikator pembangunan kesehatan ada suatu nilai yang paling mendasar yakni Ibu dan Anak dalam Rumah Tangga merupakan Produsen di bidang kesehatan. Apabila ibu dan anak terjamin kesehatannya maka akan tercipta sebuah generasi yang Sehat secara fisik mental dan sosial.

Ada hal yang harus kita ketahui bersama bahwa Ibu khususnya Ibu hamil dan Anak Khusunya Bayi dan Balita yang Sehat merupakan aset besar dalam Suatu Bangsa mengapa demikian? Jawabannya karena Peran ibu hamil dan kehidupan sembilan bulan pertama menentukan perjalanan dan kesuksesan seorang anak manusia dikemudian hari.

Dibawah ini adalah gambar perkembangan embrio dan proses pembentukan organ tubuh pada saat periode anak dalam kandungan.

 

Gambar diatas memperlihatkan bagaimana tahapan dalam setiap minggu proses pembentukan organ tubuh seorang bayi dalam kandungan atau yang saat ini dikenal dengan FETAL PROGRAMING atau Kualitas kehidupan Manusia kedepan ditentukan ketika berada dalam kandungan. Nah,, Apabila dalam setiap tahapan perkembangan organ tersebut tidak dipenuhi kebutuhan gizi Ibu yang hamil untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan organ tersebut dalam memaksimalkan perkembangannya, maka selama kehidupannya janin tersebut ketika lahir tumbuh dan berkembang akan membawa organ pertumbuhan yang tidak maksimal. Misalnya jika ada gangguan kesehatan pada minggu ke-3 umur janin akan mempengaruhi pembentukan sel saraf pada anak, dari minggu ke-3  sampai minggu ke-8 pembentukan otot jantung, apabila waktu pembentukan tidak didukung dengan kecukupan nutrisi akan mempengaruhi pembentukan otot jantung dan akan permanen selama kehidupan seorang manusia. Begitu pula dengan pembentukan organ-organ tubuh lainnya.Selain itu setelah seorang bayi lahir, haruslah mendapatkan pemenuhan kebutuhan kesehatan yang baik terlebih kebutuhan Nutrisi.

Pada bayi ada yang disebut dengan Golden Period (Periode Emas) yaitu ketika Balita berumur 0-2 Tahun, periode tersebut kesehatan Anak haruslah dijaga karena masa pertumbuhan otak anak hanya terjadi dalam kandungan dan ketika anak tersebut berumur 0-2 Tahun. Hal ini mungkin yang menjadikan mengapa Kesehatan Ibu dan Anak Khususnya Ibu hamil dan Bayi menjadi prioritas karena sangat menentukan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia pada umumnya dan Khususnya di Kabupaten Banggai dan Banggai Kepulauan serta Daerah yang berada di Kawasan Timur Sulawesi.

Dengan demikian, dengan momentum HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN) Ke-48 dengan Tema Indonesia Cinta Sehat “Ibu Selamat Anak Sehat”, sebagaiseorang yang bergelut di Dunia kesehatan khususnya pada pendidikan Kesehatan, saya merasa mempunyai tanggung jawab untuk mengajak kita semua lewat tulisan ini untuk dapat memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya terhadap kesehatan IBU dan ANAK dalam bentuk apapun untuk masa depan yang lebih baik.

SELAMAT…!!!

HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN – 48) Tahun 2012

Indonesia Cinta Sehat “Ibu Selamat Anak Sehat”

2 Tanggapan

  1. good idea,,great job,bro,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: