MENDAPATKAN KESEHATAN SEBAGAI “MODAL HIDUP” DI FKM UNTIKA LUWUK

Ramli Merah

      Ramli (Dosen FKM UNTIKA LUWUK)

      Dewasa ini masyarakat sudah lebih menyadari pentingnya kesehatan dalam menjalani kehidupannya. Dengan kesehatan seseorang dapat melakukan segala apa yang telah direncanakan seperti berfikir, bekerja untuk memenuhi kehidupan sehari-hari serta ketidakberdayaan seseorang jika kesehatannya terganggu (sakit). Kesehatan juga merupakan hal yang sangat menjadi perhatian pemerintah baik pusat maupun daerah.

      Bukti keseriusan perhatian pemerintah yakni dengan merekrut tenaga kesehatan masyarakat (SKM) diberbagai wilayah seperti beberapa waktu lalu penerimaan CPNS di Beberapa Kabupaten seperti Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Tojo Una-Una, Morowali apalagi di Kabupaten Banggai Laut dengan Formasi SKM diterima sebanyak 29 Orang dan yang menjadi perhatian kita adalah hampir setengah dari 29 orang yang dinyatakan LULUS adalah SKM Alumni FKM UNTIKA LUWUK, tidak sebatas hal itu informasi yang kami himpun bahwa  dibeberapa kabupaten Alumni FKM Untika Luwuk yang mengikuti seleksi CPNS mereka mendapatkan Nilai Passing Great yang sangat memuaskan. Saat ini FKM Untika Luwuk sudah melahirkan + 500 an alumni yang terserap sebagai Pegawai Negeri sipil (PNS) 23,5 %, Swasta 26,8%, BUMN/BUMD 14,6%, tenaga Honorer 21,3%. Hal yang terbaru dan terus berkesinambungan setiap tahun tentang peluang kerja untuk tenaga SKM adalah program “NUSANTARA SEHAT” yang diluncurkan kementerian Kesehatan setiap Tahunnya Program ini merekrut tenaga kesehatan termasuk Tenaga Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) untuk menjadi Team tenaga kesehatan yang ditempatkan di Wilayah Nusantara Republik Indonesia. Untuk lebih memperjelas program ini diharapkan pembaca mengunjungi situs http://www.nusantarasehat.kemkes.go.id (termasuk tata cara pendaftaran). Program ini akan berkesinambungan dan hal ini memberikan peluang yang sangat luas bagi tenaga kesehatan Masyarakat (SKM) dalam mendapatkan Lapangan Pekerjaan, serta yang paling terbaru peluang adalah perekrutan Tenaga Pegawai Tidak Tetap Daerah (PTTD) Tahun 2016 oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai yang menerima Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) sebagai PTTD Daerah yang ditempatkan di Puskesmas Kabupaten Banggai.

       Tentunya hal diatas bukanlah tanpa alasan pemerintah dalam menerima dan meluncurkan program-program tersebut, namun pemerintah menginginkan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya upaya pelayanan kesehatan Promotif (Peningkatan Kesehatan) dan Preventif (Pencegahan). Bentuk komitmen pemerintah dalam hal upaya Promotif dan Preventif didasarkan pada kebutuhan akan Kesadaran masyarakat dan pemerintah dalam hal kesehatan dengan prinsip “LEBIH BAIK MENCEGAH DARIPADA MENGOBATI” serta menyadari akan KESEHATAN SEBAGAI INVESTASI TERBESAR DALAM HIDUP,. Prinsip ini sangat memberikan peluang lapangan pekerjaan yang sangat besar kepada tenaga kesehatan masyarakat (SKM) untuk memadukan ILMU dan PENGABDIAN dalam upaya Peningkatan Kesehatan (Upaya Promotif) dan pencegahan (Upaya Preventif) kepada Seluruh masyarakat Indonesia dan Daerah Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Morowali, Tojo Una-Una.

    Melihat peluang-peluang kerja seperti disampaikan diatas, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tompotika Luwuk (FKM UNTIKA) membuka kesempatan kepada masyarakat Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Tojo Una-Una, Morowali untuk mendaftarkan Putra-Putrinya di (FKM UNTIKA LUWUK) sebagai Calon Mahasiswa Kesehatan Masyarakat agar mereka mendapatkan ILMU tentang KESEHATAN MASYARAKAT yang nantinya dapat mereka Aplikasikan dalam diri sendiri, Lingkungan Keluarga, Masyarakat, Bangsa dan Negara.

         Hal ini akan mendorong FKM UNTIKA Luwuk untuk selalu membenahi diri agar tetap menjaga dan meningkatkan Proses pelaksanaan Tri Dharma perguruan Tinggi demi komitmen untuk Kualitas Alumni agar dapat bersaing secara REGIONAL, NASIONAL maupun INTERNASIONAL. Untuk mencapai harapan tersebut FKM Untika Luwuk mempunyai ruang kuliah yang representatif, Tenaga Pengajar yang memenuhi kualifikasi Strata 2 (S2)/Magister dan Strata 3 (S3)/Doktor yang didukung dengan pemberlakuan KURIKULUM KESEHATAN MASYARAKAT SECARA NASIONAL seluruh Indonesia yang telah TERSTANDARISASI, tersedia Laboratorium Kesehatan Dasar, Perpustakaan serta menyediakan Free Internet untuk memudahan mengakses informasi, pengurusan perkuliahan seperti Kartu Rencana Studi (KRS), Kartu Hasil Studi (KHS) sudah dengan system Komputerisasi. FKM Untika Luwuk terdaftar sebagai Anggota Organisasi Institusi Kesehatan Masyarakat yang disebut Asosiasi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI) dan Organisasi Profesi Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) dan Persatuan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) semua ini memberikan kontribusi yang sangat penting dalam menjaga konsistensi Kualitas Lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) FKM UNTIKA LUWUK.

     Teknis pendaftaran serta informasi tentang FKM UNTIKA LUWUK dapat di AKSES www.fkm-untika.web.id atau langsung ke Alamat Kampus FKM Untika Luwuk Jln. Gunung Julutumpu no 17 Kelurahan Mangkio Baru Kec. Luwuk Kab. Banggai, Telp (0461) 21826, Fax (0461) 22318. CP 081344983352 (Dwi). Waktu Pendaftaran setiap hari kerja, Pukul 08.00 – 16.00 Wita.

Mendaftarkan anak-anak kita pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tompotika Luwuk adalah bentuk Kepedulian kita pada KESEHATAN masa lalu, saat ini dan hari nanti.

TERIMA KASIH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: